Sunspot - Bintik Matahari

Foto Sunspot – Bintik Matahari 5 September 2021

Pukul 09.00 WIB, minggu awal September 2021 terik matahari terasa mulai menyengat. Meskipuun demikian, pandemi Covid 19 mengajarkan kebiasaan baru untuk berjemur. Di teras rumah lantai dua yang sebagian terpapar cahaya matahari, sembari berjemur penulis menyiapkan teleskop Celestron 70 Az. Teleskop pertama yang sudah berusia 7 tahun semenjak bergabung dengan Surabaya Astronomy Club. Setelah mensetting teleskop agar tepat menghadap matahari, penulis melepas pelindung lensa obyektif lantas memasang filter matahari. Tak lupa memasang eyepiece dan adapter smartphone.

Hari itu sesuai informasi aplikasi Mobile Observatory PRO akan tampak setidaknya 3 bintik matahari. Setelah mengintip sebentar untuk mengatur fokus teleskop, benar saja bintik-bintik matahari tampak di permukaan matahari. Hasil perekaman kamera smartphone Samsung Galaxy S10 mengabadikan momen tersebut.

Abad ke-17 Galileo mengamati adanya bintik-bintik hitam yang bergerak di permukaan matahari.  Bukunya tentang sunspot terbit pada tahun 1613.[1]Agus Purwanto, Nalar Ayat-Ayat Semesta, (Bandung:Mizan, 2015), hlm. 46 Sunspot atau Bintik Matahari merupakan bagian dari permukaan matahari (fotosfer) yang dipengaruhi aktivitas magnetis hebat yang menyebabkan terhambatnya konveksi lantas membentuk daerah bersuhu lebih dingin. Meski bersuhu sekitar 4.000°-5.000°K, perbedaan dengan materi sekelilingnya yang berkisar sekitar 5.800° K mengakibatkan daerah ini tampak secara jelas sebagai noda-noda hitam. [2]Wikipedia, Bintik Matahari, https://id.wikipedia.org/wiki/Bintik_matahari, 16 September 2021, 11:11 WIB

Bintik matahari terbagi menjadi dua bagian, bagian yang sangat gelap yaitu bagian umbra dan dikelilingi oleh bagian yang lebih terang yang dinamakan bagian penumbra. Jumlah bintik matahari bertambah dan berkurang secara periodik dan periodenya sekitar 11 tahun. Periodisitas jumlah bintik Matahari ini sudah diamati sejak abad 17. Bertambah dan berkurangnya bintik Matahari menunjukkan tingkat aktivitas Matahari. Jika Bintik Matahari banyak diamati, ini berarti Matahari sedang aktif. Tahun 1645 – 1715 pernah terjadi tidak ada bintik Matahari. Pada saat itu, suhu bumi turun dan di Eropa berlangsung masa yang sangat dingin yang kemudian dijuluki Zaman Es Kecil. [3]A. Gunawan Admiranto, Eksplorasi Tata Surya (Bandung: Mizan Pustaka, 2016), hlm. 45-47

Observasi Matahari 01: Video Bintik Matahari, Begini Penampakannya Di Depan Teleskop

Teleskop Celestron 70 Az Untuk Observasi Matahari

Matahari merupakan bintang terdekat dengan bumi. Jaraknya 8 menit perjalanan cahaya. Jika setengah bola langit yang menghampar di atas kita ukurannya 180°, maka ukuran matahari hanya 0,5° saja. Itu seukuran setengah dari kancing baju yang kita pegang sejauh setengah meter (lengan lurus) di depan mata lantas di proyeksikan ke langit. Tapi, jangan dikira matahari itu kecil. Ia adalah ‘sebongkah’ bintang bermassa sekitar 99,86% dari total massa seluruh tata surya. Jadi, seluruh isi tata surya selain matahari hanya bermassa 0,14%. Kalau dibandingkan dengan massa bumi, matahari bermassa 330.000 kali massa bumi. Massa bumi sendiri sekitar 6 juta-juta-juta-juta kg (5,9742 x 10^24 kg). Luar biasa, bukan?

Adapun hasil rekaman pergerakan Sunspot selama 5 hari, bisa Anda lihat di artikel Observasi Matahari 02: Video Pengamatan 5 Hari, Pembuktian Rotasi Matahari.

Semoga bermanfaat.

References

References
1 Agus Purwanto, Nalar Ayat-Ayat Semesta, (Bandung:Mizan, 2015), hlm. 46
2 Wikipedia, Bintik Matahari, https://id.wikipedia.org/wiki/Bintik_matahari, 16 September 2021, 11:11 WIB
3 A. Gunawan Admiranto, Eksplorasi Tata Surya (Bandung: Mizan Pustaka, 2016), hlm. 45-47

Saiful Arifin

Penulis lahir di Mojokerto, tinggal di Surabaya. Hobi calistung, baca tulis hitung. Suka mencoba hal-hal baru. Pengurus Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur (2015 - sekarang), Ketua Surabaya Astronomy Club (2017-2020), Anggota Komisi Infokom MUI Jawa Timur (2021-sekarang). Quotes paling berkesan: "Apakah kita mengetahui sesuatu, tanpa mengetahui segala sesuatu?".

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

Home
Allsky
Search
Contact