Tips Jitu Cara Mengendalikan Rasa Marah Langsung Adem

Kumpulan Soal Online, Artikel (Surabaya, 2011)

Tips Jitu Cara Mengendalikan Rasa Marah imageAnda pernah marah-marah? Betapa tidak, teman Anda tidak mau membantu ketika masa-masa sulit dan hanya akan membantu di saat senang saja. Wajar Anda marah. Anak Anda membuat ulah, berkelahi dengan temannya. Pelayanan birokrasi yang mbulet sering membuat kita jengkel. Atau ada saatnya Anda benar-benar ingin mengamuk karena suatu alasan.

Marah merupakan hal yang manusiawi, meskipun demikian agama melarang umatnya menjadi umat yang pemarah. Karena sifat amarah jika tidak terkendali akan menyebabkan hal-hal yang tidak baik. Tengok saja berbagai peristiwa di sekitar kita. Sifat amarah yang tidak terkendali bahkan dapat mengancam jiwa orang lain.

Oleh karena itulah agama tidak hanya melarang saja, tetapi juga memberikan solusi yang jitu untuk mengatasi sifat amarah ini. Sedikitnya ada 5 cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa marah.Cara-cara meredam atau mengendalikan kemarahan :

1. Memperbanyak bacaan Ta’awwudz

Adapun hal ini berdasarkan hadist Rasulullah yang pernah bersabda “Ada kalimat kalau diucapkan pasti akan hilanglah kemarahan seseorang, yaitu “A’uudzu billah mina-syaithaani-r-rajiim” (Hadis Riwayat Bukhari Muslim).

2. Diam

Hadis berikutnya yang memberikan solusi untuk meredam amarah adalah “Ajarilah (orang lain), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah” (Hadis Riwayat Ahmad).

3. Bersujud

Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda “Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah dilehernya? Maka barangsiapa yang mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud).” (H.R. Tirmidzi)

Maksud dari hadis diatas adalah dianjurkan untuk bersujud dengan cara melakukan sholat sunah minimal 2 rakaat.

4. Berwudlu

Adalah hadis lainnnya yaitu Rasulullah bersabda “Kemarahan itu itu dari setan, sedangkan setan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah berwudlulah” (H.R. Abud Dawud). Dengan berwudlu diharapkan redalah amarah kita

5. Duduk atau tiduran

Sangat mengesankan, agama terus memberikan solusi untuk meredam amarah. Dalam hadis dikatakan Rasulullah bersabda “Kalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka bertiduranlah” (H.R. Abu Dawud).

Demikianlah artikel tentang Tips Jitu Cara Mengendalikan Rasa Marah Semoga kita semua dapat mengambil pelajaran dari tulisan ini, semoga bermanfaat.

Copyright : Saiful Arifin | Kumpulan soal online :: Artikel :: Lifestyle

Comments (1)
  1. yus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *