Super Earth? harapan baru atau keputusasaan terhadap nasib bumi

Saiful Arifin (Surabaya, 2011)

saiful arifin | Artikel Sains, Artikel Agama, Artikel SeniSebelum membaca artikel yang saya kutip ini, sebaiknya Anda membaca artikel, berita dan hasilĀ  penemuan planet mirip bumi berjarak 20,5 tahun cahaya dari tata surya kita. Agar Anda bisa lebih bijak untuk memilih tetap tinggal disini atau berangan-angan ditolong dan di jemput ‘alien’ untuk pindah ke planet Gliese 581 :-)

Bumi kita sedang sakit hari ini, bisa tambah parah esok lusa atau bahkan mati besok. Milyaran tahun ia berproses menjadi tempat yang nyaman untuk ditempati, jutaan tahun ia menghias tanah dengan air dan hutan-hutan hijau, ribuan abad ia mempersiapkan diri menjadi seorang ibu sebelum lahir seorang anak bernama Adam, saya dan Anda.

Namun, hanya butuh 2000 tahun kita membuatnya mengidap banyak penyakit. Mungkin secara tidak sadar, Anda baru saja ingin menghidupkan AC di ruang internet Anda, tapi tidak jadi karna AC itu ternyata belum dimatikan sejak kemarin. Wow! Anda telah menambah deretan panjang daftar penyakit yang akan ia derita karenanya.

Sampai hari ini belum banyak yang bisa kita lakukan untuk bumi kita. Sampai detik ini, upaya penyembuhan hanya ada dalam wacana di meja-meja rapat kita tentang perubahan iklim dunia, seminar-seminar yang menghabiskan ribuan volt listrik ditempat seminar kita. Huff! tambah lagi deh kekacauannya.

Bumi ini, telah berpenyakit. Bahkan sangat berpotensi menular dan membahayakan kita semua. Ia akan dengan mudah menginjeksikan ultra violet berlebih ke kulit kita. Ia akan dengan mudah membakar seluruh sumber pangan kita. Ia akan dengan mudah mencairkan es kutub-kutub. Ia akan dengan mudah membalik gunung dengan geliat penatnya.

Kalau kita tahu akan seperti ini, apa yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan kehidupan kita -maksud saya hidup bumi kita?

Di luar sana ada yang berkoar, kita bisa hidup di planet lain. Bisa memulai kehidupan di Super Earth. Benarkah? atau kita sedang bingung dan tak ingin bertanggungjawab atas apa yang telah kita lakukan kepada Bumi, ibu kita semua. Kita belum terlalu terlambat untuk menyelamatkannya. Kita tahu apa yang harus kita lakukan untuk itu.

Jika Anda bersikeras untuk memulai lagi kehidupan di Super Earth, jangan-jangan Anda ingin mengulang lagi kehidupan seperti disini. Jika begitu, maka bersiaplah untuk berpindah ke planet ketiga!

Jadi, apa yang ada di kepala Anda sekarang?
Di tangan Andalah nasib kita semua

>> Di Bumi Yang Bulat, Tidak Ada Yang Terbalik! : Pembelaan Pemikiran Kontroversial Prof. Santos


Saiful Arifin :: Story Of Everything | Artikel Sains, Artikel Agama, dan Artikel Seni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *