Padi dan Terasiring, Apel Newton Para Arkeolog!

Padi dan terasiring,

Hal yang biasa, tidak tampak luar biasa SAMA SEKALI. Orang-orang desa turun-temurun memanen padi mereka dari sawah-sawah terasiring. Tahun demi tahun, abad demi abad, seperti biasa. Yah biasa-biasa saja, seperti hal biasa lainnya seperti APEL JATUH KE BAWAH! tahun demi tahun, abad demi abad, seperti biasa, tidak ada apel jatuh ke atas :-)

Namun,

menjadi beda ketika apel itu jatuh di dekat Sir Issac Newton! entah benar atau tidak anekdot ini yang jelas APEL JATUH KE BAWAH akhirnya menjadi LUAR BIASA, tersingkap dibaliknya ilmu tentang GRAVITASI! karenanyalah beruntun lahir pemahaman-pemahaman baru, bukan hanya sekedar menjelaskan SESUATU YANG JATUH DARI POHON tapi telah membuka tabir pengetahuan-pengetahuan yang lebih baik, Kepler, Einstein sampai Stephen Hawking pun akan mengingat APEL Issac Newton sebagai Apel yang luar biasa.

Lalu, apa yang luar biasa dari PADI dan TERASIRING?

Dibahas dari beberapa buku berbeda, terlepas dari segala kontroversinya, penelitian tentang penyebaran padi sebagai bagian dari peradaban manusia telah mengungkap samar tentang Sundaland yang terkubur dibawah dalamnya laut China Selatan, selat Malaka dan Laut Jawa yang menjadi saksi bahwa Nenek Moyang dunia berasal dari Nusantara.

Begitu pula terasiring, bentuk berundaknya menjadi pakem dari sekian puluh bangunan bisu mulai dari Borobudur hingga Peru. Dari punden berundak Gunung Padang hingga Giza di Mesir, jaraknya yang terpisah jauh oleh bentangan Samudera membawa kisah tersendiri bagi para Arkeolog, menguatkan asa meraka menggali perabadan yang hilang dari tutur Plato, tentang Atlantis…

Kini, padi dan terasiring pun membuat cerita yang lain untukku, si anak petani, yang dulu hanya bermain-main di pematang sawah. Aku bisa membayangkan padi-padi itu, pematang-pematang itu sebagai sisa perabadan agung, ratusan bahkan ribuan tahun lalu…

Andai saja, katak-katak sawah bisa bicara…
sejak dulu akan aku tawari…

APEL! kwebek!

:-D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *