Memboyong Planetarium Surabaya ke Komputer? Download Stellarium

Saiful Arifin (Surabaya, 2011)

saiful arifin | Artikel Sains, Artikel Agama, Artikel SeniSenangnya Nenet bisa berjalan-jalan ke Planetarium Surabaya. Planetarium di bawah pengawasan TNI AL ini dibuka untuk pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Sebagai pencinta langit malam, Nenet sangat menikmati indahnya taburan bintang di Planetarium ini. Ada rasi bintang Leo, Aries, Aquarius, dan Orion. Tetapi setelah keluar dari Planetarium Nenet murung sekali karena tidak bisa berlama-lama, harus bergantian dengan pengunjung yang lain. Alba dan Dahlia hanya tersenyum melihat mimik muka kecewa teman mereka itu. Sambil menepuk pundak Nenet, Alba bilang punya planetarium di komputernya? Lho kok bisa!

Bisa! Anda pun mempunyai kesempatan yang sama seperti Alba. Anda pecinta langit, penikmat taburan bintang yang gandrung akan dunia astronomi dapat menikmati gugusan bintang lengkap layaknya planetarium. Bahkan pasti lebih lengkap lagi.

Software planetarium ini bisa Anda download di http://www.stellarium.org yang tersedia untuk OS Linux, Windows maupun Mac secara gratis. Program ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Software ini mampu memberikan informasi akurat tentang posisi bintang pada detik itu juga kepada Anda sesuai dengan lokasi Anda misalnya saat di Surabaya atau di Tokyo. Langit malam tersaji lengkap saat itu juga.

Berbagai rasi bintang mulai dari versi peradaban Yunani, China, Amerika selatan dan berbagai peradaban lain juga disajikan disana. Orbit satelit buatan manusia juga lengkap disajikan. Planet dan galaksi bisa Anda perbesar dan dekatkan.

Saya tidak dapat bercerita banyak, saya terpukau dengan software ini. Pembuatnya pasti orang yang luar biasa. Program yang sangat saya rekomendasikan bagi siswa, orang tua, guru dan sekolah serta instansi-instansi pendidikan yang lain. Silakan download sekarang juga.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan waktu untuk ke Planetarium, karena jumlahnya di Indonesia sangat terbatas. Berdasarkan keterangan yang saya peroleh dari operator Planetarium Surabaya, di Indonesia hanya ada 3 tempat saja. Sungguh sangat memprihatinkan. Jadi, tunggu apalagi!


Saiful Arifin :: Story Of Everything | Artikel Sains, Artikel Agama, dan Artikel Seni

Comments(2)
  1. we polim
  2. Suka Ekana A,S.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *