International Observe the Moon Night 2013 Surabaya, Gratis Pisang Godog!

SaifulArifin.Com (Surabaya, 2013)
International Observe the Moon Night 2013 SurabayaPengalaman awal bagiku mengintip bulan melalui teleskop. Hal yang biasa bagi sebagaian orang atau bahkan ‘tidak penting’ bagi yang lain. Namun cukup berkesan bagiku. Diikuti oleh sekitar kurang lebih 100 peserta termasuk istri dan adikku, acara International Observe the Moon Night 2013 yang diselenggarakan teman-teman dari Surabaya Astronomy Club berjalan seru di tengah-tengah warga Surabaya yang menghabiskan malam minggu di taman Apsari. Anggota SAC sendiri telah mencapai 1000 lebih yang terdiri dari pakar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

International Observe the Moon Night 2013 Surabaya

[nggallery id=1]

InOMN adalah Pengamatan Bulan yang digelar di bawah naungan Astronomical Society of the Pacific. Komunitas Astronomi Terbesar di Dunia dengan anggota lebih dari 70 negara. Astronomical Society of the Pacific mengelola The NASA Night Sky Network yang merupakan Host Acara International Observe the Moon Night 2013. The NASA Night Sky Network sendiri adalah sebuah Penaung dari lebih dari 400 Komunitas Astronomi di Seluruh Amerika Serikat.

Surabaya Astronomy Club (SAC) sebagai salah satu klub astronomi yang ada di Indonesia pun juga ingin berkontribusi megadakan pengamatan Bulan dan bekerja sama dengan The NASA Night Sky Network dalam rangka pengembangan Dunia Astronomi.

Menggunakan 2 buah teleskop dan 4 teropong binokular para anggota SAC dan warga bergantian melihat bulan menggunakan peralatan standar astronomi ini. Anggota SAC sangat antusias mengajak warga sekitar untuk melihat bulan menggunakan teleskop ataupun teropong binokuler. Acara dimulai sekitar jam 19.00 malam.

Pandangan SAC sebagai komunitas orang-orang yang sangat serius menjadi buyar ketika kami disambut hangat oleh para anggota SAC diantaranya yang telah kami kenal di facebook adalah ning Niza Niizza, cak Dhani dan teman-teman SAC lainnya. Ning Niza langsung mengajak kami photo-photo, padahal kami masih canggung hehe

Cak Dhani dan Cak Ruben mempersilakan kami menggunakan teleskop yang telah mereka siapkan. Benar saja! meskipun sering melihat bulan menggunakan bantuan software stellarium ataupun lewat google map, sangat lain nyatanya saat menyaksikan bulan menggunakan teleskop secara langsung. WOW! benar-benar amazing, sufafufah wahaha dengan bantuan kamera tab android aku abadikan beberapa hasil pengamatan tersebut.

InOMN Surabaya Gratis Pisang Godog :-)

internanational observe the moon night surabaya
Kejadian yang paling berkesan adalah ketika tiba-tiba ning Niza membawa ‘sekarung’ pisang godog dan dibagi-bagikan kepada kami semua. Benar-benar deh komunitas ini bikin krasan saja hehe sambil terus bergantian menggunakan teleskop tak terasa malam semakin larut. Karena mengajak adikku yang masih kelas 6 SD akhirnya kami memutuskan untuk pulang ditengah-tengah acara belum selesai. Sebenarnya sih masih ingin berlama-lama bersama teman-teman SAC, siapa tahu ning Niza membawa sekarung pisang godog lagi hehe

Thanks teman-teman SAC, cak Dhani, ning Niza, cak Ruben, All. Sampai jumpa lagi di Ken Park tanggal 19 Oktober. Kami siap menyaksikan hujan meteor Orion dan siap juga ikut menghabiskan pisang godong Ning Niza hehe

Salam laskar teropong! Oia bagi teman-teman website SaifulArifin.Com dimanapun Anda berada, monggo rame-rame pekan depan ikutan ke Ken Park Surabaya, malam mingguan ngintip orang pacaran Ups! hujan meteor di sekitar rasi bintang Orion. Datang ya :-) jangan lupa add grup SAC di klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *