Hilangnya Para Pencipta dan Pasar Lagu Anak, Naiklah Odong-Odong

Kumpulan Soal Online (Surabaya, 2012)

Hilangnya Para Pencipta dan Pasar Lagu Anak imageMenghela nafas dalam-dalam, baru saja dengan anak-anak di kelas menyanyikan lagu bendera merah putih karya Ibu Sud. Lagu yang mudah untuk dinyanyikan dan mudah untuk diiringi pemain keyboard pemula seperti saya. Namun, makna yang dalam dari lagu ini tiada duanya. Semangat patriotisme yang dibagikan memenuhi semangat anak-anak di kelas. Tapi tahukah Anda pertanyaan salah seorang murid saya setelah menyanyikan lagu ini?

Yups! Ada yang bertanya kepada saya apakah saya bisa mengiringi dia menyanyi lagu I’ll be there for you Cherry Belle? Ada yang meminta lagunya smash, ada yang meminta lagunya Ayu ting ting.

Saya mengira mereka hanya bercanda, tetapi nyatanya beberapa lirik dari lagu-lagu orang dewasa ini telah mereka hafal di luar kepala. Padahal saat menghafal nama-nama anak hewan dalam bahasa jawa hampir semuanya terkena remidi!

Jangan salah, anak-anak yang saya maksud ini adalah anak-anak kelas 1 SD. Yah benar kelas 1 SD. Anak-anak peniru yang sangat baik. Bocah-bocah lugu ini telah tereksploitasi oleh pasar lagu negeri ini.

Di masa saya kecil, banyak sekali musisi tanah air yang tergerak untuk memenuhi dunia anak dengan musik mereka. Lagu-lagu dengan rasa anak, bukan rasa orang dewasa. Mulai dari lagu lumba-lumba sampai lagu Abang tukang Bakso.

Namun, kenyataan di zaman ini berbicara lain. Sepertinya para pencipta lagu dan pasar musik Indonesia sudah tidak mempedulikan nasib lagu anak. Cobalah tengok Papa T. Bob, Ibu Kasur dan sederet nama pencipta lagu anak 20 tahun lalu itu! Dimanakah regenerasi dari mereka?

Rasa-rasanya hanya tukang odong-odong saja yang masih memutarkan lagu anak-anak yang mau ikut naik odong-odong mereka. Di luar itu, anak-anak kita telah disuguhi musik selera dewasa, sehingga mereka lebih mengenal kata-kata cinta daripada bunyi semut-semut kecil.

Papa T. Bob dimanakah kau sekarang berkarya?

Copyright : Saiful Arifin | Kumpulan soal online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *