Berpidato, Mengajar di Bulan Puasa : Cara Mengatasi Kehabisan Suara

Saiful Arifin (Surabaya, 2011)

Artikel Sains, Artikel Agama, Artikel SeniPagi ini seperti biasa sebelum memulai aktifitas, saya bertemu dengan Pak Humaidi, guru muda di salah satu sekolah favorit di Surabaya. Dari perbincangan kami sebelum berangkat mengajar ada hal yang sedikit aneh. Suara Pak Humaidi habis, jadi pembicaraannya banyak noisenya. Layaknya radio yang kemrosok atau jaringan seluler yang sedang trouble ups! Dia mengeluh kehabisan suara.

Peristiwa seperti ini bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Saat masih aktif di Paduan Suara semasa kuliah, setiap akan tampil saya megikuti latihan tanpa kenal lelah. Berlatih dari jam empat sore sampai jam sepuluh malam selama dua minggu berturut-turut. Kadang di hari-hari menjelang penampilan banyak sekali teman yang kehabisan suara. Masak paduan suara kehilangan suara?

Tetapi hal itu bukan masalah tanpa solusi karena ada rahasia ramuan tradisional yang bisa dipakai untuk mempertahankan suara bahkan memulihkan suara saat habis. Seperti cerita Pak Humaidi, dia telah berusaha mengembalikan suaranya yang habis dengan cara membuat wedang jahe. Waduh-waduh salah ramuan pak. Lho kok?

Wedang jahe lebih popular di masyarakat, para Qori’ dan vokal Sholawat yang saya kenal sering meminumnya sebelum mereka tampil. Ya memang benar, jahe dapat memperindah suara sang Qori’ dan sang  vokalis tetapi hal ini tidak berlaku bagi yang kehabisan suara. Karena jika Anda kehabisan suara seharusnya Anda tidak membuat wedang jahe tetapi harus membuat wedang kencur. Inilah hal yang tidak diketahui kebanyakan orang.

Lalu bagaimanakah Cara membuat wedang kencur? sangatlah mudah yaitu :

  1. Ambil 2-3 rimpang kencur
  2. Kupas kulitnya dan haluskan
  3. Masukkan ke dalam gelas dan tuangkan air mendidih
  4. Tambahkan gula dan tunggu hingga menjadi hangat atau dingin
  5. Minumlah sehari 2 atau 3 kali

Jadi, jika Anda ingin mengatasi suara Anda yang habis segera minumlah wedang kencur. Khasiat yang terkandung didalamnya adalah anugerah yang sangat luar biasa.

Demikianlah saifularifin.com berbagi cara mengatasi kehabisan suara saat bernyanyi, berpidato dan mengajar. Selamat mengajar dan beraktifitas pak Humaidi, cobalah resep turun-temurun nenek moyang kita ini. Semoga bermanfaat.

>> Super Earth? harapan baru atau keputusasaan terhadap nasib bumi


Saiful Arifin :: Story Of Everything | Artikel Sains, Artikel Agama, dan Artikel Seni

Penulis tinggal di Surabaya. Aktif nulis dengan nama pena Saif Alba dan Nenet. Menggeluti dunia SEO & Internet Marketing. Hobby baca, niup seruling, main piano, ngintip teleskop. Suka bercanda tapi serius saat diajak mikir sampe kepala miring-miring :-)

Facebook Twitter LinkedIn Google+ YouTube 

cara memperindah suara,cara mengembalikan suara,memperindah suara,cara memerdukan suara,cara memperindah suara vokal,tips memperindah suara,Cara membaguskan suara,cara mengembalikan suara yang habis,cara memulihkan suara,cara mengatasi kehabisan suara

4 Thoughts on “Berpidato, Mengajar di Bulan Puasa : Cara Mengatasi Kehabisan Suara

  1. aminuddin on 27/04/2012 at 06:06 said:

    mudahan dengan ramuan di atas bisa memberikan jalan keluar bagi orang yg sering kehabisan suara.

  2. Fantastic beat ! I wish to apprentice while you amend your site, how can i subscribe for a blog site? The account aided me a appropriate deal. I were tiny bit familiar of this your broadcast provided brilliant transparent idea

  3. Alyas on 28/06/2013 at 11:52 said:

    Awfubjkjyycbm njhrvkkcbcej Ulhb O

    ( )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation