Beribadah Murah, Pahala Besar via HP dan Laptop di Bulan Ramadhan

Saiful Arifin (Surabaya, 2011)

saiful arifin | Artikel Sains, Artikel Agama, Artikel Seni
Menurut para dai ada dua macam bentuk ibadah yaitu ibadah mahdzoh dan ghairu mahdzoh. Kedua bentuk ibadah ini adalah berpahala. Contoh ibadah mahdzoh adalah sholat, zakat, puasa, haji, umroh. Sedangkan untuk contoh ibadah ghairu mahdzoh sangat luas dan banyak sekali.

Emha Ainun Najib dalam salah satu kesempatan di komunitas Bangbang Wetan saat berkunjung di Surabaya bahkan mengatakan bahwa buang air kecil termasuk ibadah, asal mengetahui tatacaranya. Mulai dengan membaca doa sebelum dan sesudah masuk kamar mandi, tidak menghadap kiblat saat ditempat terbuka, mencari tempat yang tertutup, memakai tutup kepala, buang air kecil dengan duduk, memegang -maaf- alat kemaluan dengan tangan kiri, berdeham saat buang air kecil, tidak dengan berbicara, tidak membawa mushaf, tidak memakai cincin dengan nama Allah maupun Nabi, cebok dengan air suci dan mensucikan atau istinjak dengan batu dengan jumlah ganjil dan ada beberapa lagi kesunahan yang lain.

Ups! kok malah bahas buang air, lha gara-gara Cak Nun sih hehe baiklah dalam posting kali ini saya akan memberi contoh ibadah ghairu mahdzoh bagi Anda yang hidupnya tidak lepas dari HP dan Laptop (kemana-mana berkalung laptop ups hehehe) inilah arikel agama Beribadah Murah, Pahala Besar via HP dan Laptop di Bulan Ramadhan

1. SMS teman-teman Anda dengan pesan dan nasehat yang baik, seperti nasehat AlQur’an, nasehat Nabi dan Ulama’ jika perlu sebarkan sebanyak-banyaknya. Jangan menggunakan sms untuk melakukan penipuan seperti SMS mama minta pulsa akhir-akhir ini.

2. Gunakan HP untuk tidak hanya mendengarkan musik pada umumnya, tetapi juga lantunan shalawat dan bacaan Al Qur’an

3. Bersilaturahmilah dengan teman-teman dan saudara yang jauh via SMS maupun telepon

4. Gunakan Laptop Anda untuk surfing internet ke website-website penambah ilmu pengetahuan dan agama seperti ke harunyahya.com, nu.or.id, muhammadiyah.or.id atau bisa Anda ke website national geographic, discovery channel.

5. Downloadlah aplikasi yang bermanfaat untuk Anda dan sebarkanlah ke keluarga dan teman-teman Anda, seperti aplikasi Al Qur’an, Hadis, Nasehat-nasehat dan sebagainya

6. Bagikanlah ebook yang berguna untuk penambah ilmu pengetahuan dan agama.

7. Saat di Facebook gunakan waktu Anda sebaik-baiknya untuk bersilaturahmi. Hindari menggunjing dan membahas hal-hal yang tidak berguna

8. Ingatkan teman-teman Anda untuk bersegera berbuka puasa dan sahur pada akhir waktu dengan SMS, telepon maupun Chatting

9. Ingatkan teman-teman Anda apakah sudah sholat?

10. Ajaklah teman-teman Anda untuk bersedekah. Salah satu bentuk sedekah yang utama adalah yang tidak diketahui oleh orang yang diberi. Misalnya, kirimi keluarga, teman Anda dengan saldo pulsa kejutan :-)

Demikianlah teman-teman, insya Allah termasuk Cara Beribadah Murah, Pahala Besar via HP dan Laptop di Bulan Ramadhan, semoga bermanfaat untuk kita semua, amin.


Saiful Arifin :: Story Of Everything | Artikel Sains, Artikel Agama, dan Artikel Seni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *